Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memantau Hasil Real Count Pemilu 2024 di Situs Resmi KPU


Ilustasi Pemilu ( detik.com )

Ruang Pelajar, Kuningan - Pemilihan umum (pemilu) sudah selesai dilakukan pada tanggal 14 Februari kemarin. Ada kurang lebih 200 juta jiwa datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk memberikan hak pilih mereka. Berdasarkan survey dari beberapa lembaga, quick count juga sudah menunjukan hasil. Namun, hasil pemilu 2024 akan diumumkan oleh KPU setelah real count selesai di lakukan. 

Di era teknologi seperti sekarang ini, memantau hasil real count lebih mudah dilakukan. Lewat situs resmi, kamu dapat memantau dan melihat hasil penghitungan suara dari semua TPS yang ada Di Indonesia, maupun luar negeri. Situs ini menyajikan data lengkap dari seluruh TPS, termasuk mengunduh hasil penghitungan suara dalam Formulir C.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas beberapa cara memantau hasil real count pemilu 2024 lewat situs resmi milik KPU. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Mengakses situs pemilu2024.kpu.go.id 

Hasil Real Count 15 Februari 2024 ( kpu.go.id )

Untuk mengetahui hasil real count, pertama-tama silahkan kunjungi situs pemilu2024.go.id. Disana kamu akan menemukan presentase real count secara nasional, dan juga terdapat informasi tentang seberapa persen suara yang sudah masuk. Tak hanya hasil Pilpres, situs ini juga dapat memantau hasil penghitungan suara untuk DPR RI, DPRD Prov, DPRD Kab/Kota, dan DPD. 


2. Dapat Melihat Hasil Penghitungan Suara Hingga di Tingkat Desa/Kelurahan

Tangkapan layar real count ( kpu.go.id )

Demi mencegah kecurangan dan membuat pemilu senetral/setransparan mungkin, situs KPU menyediakan akses kepada masyarakat untuk memantau hasil penghitungan suara hingga di tingkat Desa, bahkan tingkat TPS. Dengan upaya ini, mampu meminimalisir kecurigaan masyarakat terhadap kecurangan yang terjadi saat pemilu.

3. Mengunduh Formulir C Dari Semua TPS

Contoh Formulir C dari salah satu TPS di Sukabumi, Jawa Barat ( kpu.go.id )

Situs milik KPU ini, memungkinkan kamu mengunduh berkas Formulif C berbentuk gambar yang telah diisi oleh KPPS dan Saksi di setiap TPS. Formulir tersebut telah ditandatangani oleh seluruh anggota KPPS dan para Saksi di setiap TPS. 

Dengan fitur tersebut, kamu bisa menelusuri semua Formulir C dari seluruh TPS, hingga TPS tempat kamu memilih. Caranya, kamu hanya tinggal memilih nama Desa/Kecamatan/Kabupaten/Provinsi, dan lokasi TPS yang kamu inginkan.

4. Memantau Rekapitulasi Hingga Penetapan Hasil Pemilu

Logo KPU ( kpu.go.id )

Situs milik KPU ini, akan terus diupdate selama masa rekapitulasi. Yaitu dari tanggal 15 hingga tanggal 20 Februari mendatang. Situs memuat proses rekapitulasi dari seluruh TPS di Indonesia, termasuk TPS tempatmu memilih. 

Kamu juga dapat melihat hasil rekapitulasi dari mulai DPRD Kab, hingga Presiden, sebelum KPU memberikan keputusan akhir pemenang Pemilu 2024. Paling lambat 3 hari setelah proses rekapitulasi selesai.


Ada banyak situs yang memberikan informasi berupa berita hasil real count pemilu 2024. Namun, alangkah baiknya kamu mengakses situs resmi milik KPU. Sebab, situs resmi milik KPU menyajikan informasi berdasarkan penghitungan suara pemilu tahun 2024. Yuk, pantau terus hasil real count pemilu 2024 hingga selesai.

Posting Komentar untuk "Cara Memantau Hasil Real Count Pemilu 2024 di Situs Resmi KPU "