Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Diagram Lingkaran Lebih Cocok buat Hasil Quick Count Pilpres?

 


Ilustasi Diagram Lingkaran

Ruang Pelajar Kuningan - Diagram lingkaran dinilai lebih menarik dibandingkan diagram batang. Visualisasi data berperan penting dalam proses penyajian hasil quick count Pemilu. KPU merilis progress dari seberapa besar suara yang di dapatkan oleh masing-masing pasangan calon yang berpartisipasi dalam pemilu 2024. Diagram batang dipilih untuk merepresentasikan hasil quick count Pemilu 2024. Buat kamu yang belum mengetahui silahkan baca juga cara melihat hasil quick count pemilu 2024.

Berkat diagram batang, proses penyajian data menjadi lebih jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat. Berikut alasan mengapa diagram batang dipilih untuk merepresentasikan hasil quick count pemilu 2024. Simak ulasan selengkapnya dari kami!


1. Sangat Mudah Dipahami Oleh Orang Awam/ Gaptek

Diagram Lingkaran dinilai lebih sederhana dan mudah dipahami, bahkan oleh orang awam sekalipun. Dalam konteks Quick Count Pilpres 2024, masyarakat sangat ingin lebih cepat mendapatkan informasi tentang seberapa besar hasil suara yang diperoleh oleh masing-masing pasangan calon yang berpartisipasi pada pemilu tahun ini. Diagram Lingkaran menyajikan informasi secara jelas tentang seberapa besar suara yang didapatkan oleh setiap kandidat. Berkat diagram lingkaran, masyarakat mampu memahami informasi yang di sajikan tanpa harus memilikki keahlian di bidang statsitik atau analisis data.


2. Data diperbaharui secara real time

Di era kemajuan teknologi, memudahkan KPU untuk mengupdate data hasil quick count secara real time atau secara berkala. Diagram Lingkaran menjadi visualisasi yang paling pas untuk menampilkan data hasil quick count secara realtime. Bersifat sederhana dan mudah dimengerti, memungkinkan diagram lingkaran sangat mudah untuk di update berdasarkan perkembangan data yang terjadi. 

Hal ini memungkinkan masyarakat dapat secara langsung memantau suara pasangan calon dukungan mereka, dan melihat perubahaan seiring berjalannya waktu. Informasi perolehan suara dapat berubah secara cepat, terutama saat pemungutan suara sedang berlangsung, atau ketika data beru masuk dari tps yang tersebar di seluruh provinsi, diagram lingkaran dinilai sangat efisien dan efektif untuk menyajikan hasil pemilu kepada masyarakat.

Selain itu, hasil quick count pilpres secara real time juga memungkinkan pengamat politik menggunakan diagram lingkaran untuk menganalisa dan memantau perkembangan pemilu 2024, mulai dari rentang usia pemilih, penyebaran surat suara di seluruh TPS, hingga menjawab apakah pilpres dilakukan satu atau dua putaran. Diagram lingkaran menjadi alat penting dalam proses pengawasan selama periode pemilihan umum.

Baca Juga : Cara Memantau Hasil Real Count Pemilu 2024 di Situs Resmi KPU


3. Bagian lingkaran mewakili persentase suara yang diterima oleh pemilih

Dengan melihat diagram lingakaran, masyarakat dengan cepat menilai seberapa besar dukungan yang diterima dari masing-masing kandidat. Hal ini, karena bagian lingkaran merepresentasikan hasil yang diperoleh masing-masing pasangan calon dengan ukuran relatif yang mencerminkan besarnya presentase suara yang didapat. Misalnya, jika pasangan calon memiliki potongan paling besar, hal itu menunjungan bahwa pasangan calon mendapatkan dukungan paling besar dari kandidat lain.


Baca Juga : HP TECHNO DENGAN FINGERPRINT SENSOR UNDER DISPLAY TERMURAH 2024

4. Representasi proporsi dalam satu bidang diagram

Keunggulan utama dar diagram lingakran adalah kemampuan nya menunjukan presentase suara yang masuk. Diagram lingkaran secara jelas terbagi antara setiap pasangan calon. Misalnya, apabila ada empat pasangan calon, diagram lingkaran mampu dengan cepat mempresentasikan suara yang didapatkan oleh kandidat.


Diagram lingkaran menjadi pilihan paling pas untuk menyajikan perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden yang didapatkan dari hasil pemungutan suara. Diagram lingkaran dipilih karena lebih sederhana dan mudah dipahami oleh orang awam sekalipun, serta mampu menyajikan propoporsi perolehan suara melalui perbedaan warna yang sangat jelas.

Sumber : KompasianaIDN Times, detikcom


Jika memiliki pertanyaan atau saran, silahkan tinggalkan di kolom komentar. Jangan lupa share agar teman-teman kalian mendapatkan infromasi menarik juga. 

Posting Komentar untuk " Benarkah Diagram Lingkaran Lebih Cocok buat Hasil Quick Count Pilpres?"